Home » » DINKES GELAR PELATIHAN KPP

DINKES GELAR PELATIHAN KPP

Written By Unknown on Jumat, 14 Juni 2013 | 04.46

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ende, bekerja sama dengan APMINH kemitraan Indonesia – Australia, menggelar Pelatihan Komunikasi Perubahan Perilaku (KPP) di Balai Pelatihan Flores Mandiri, Senin (4/2). Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri tokoh-tokoh masyarakat, biarawati, serta tenaga kesehatan dari Kabupaten Ende, Ngada, dan Nagekeo. Pelatihan akan berlangsung selama lima hari. 

Kadis Kesehatan Kabupaten Ende Don Bosco Do dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan, pelatihan ini bertujuan melatih sejumlah orang menjadi tim penyuluh di lapangan. Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah meningkatnya pengetahuan serta perubahan sikap dan perilaku peserta, guna mewujudkan revolusi kesehatan ibu dan anak.

Lebih lanjut Kadis Don Bosco mengatakan, pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan ibu dan anak merupakan upaya dini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Apalagi, perilaku ibu dan keluarga masih memprihatinkan. Misalnya, ibu-ibu tidak memeriksakan kesehatan kandungannya dan melakukan persalinan tanpa melalui pelayanan medis terlatih. Perilaku ini sangat mempengaruhi kesehatan ibu dan anak.

Sementara Ketua Panitia Pelaksanaan Pelatihan, Rusmaida mengatakan, hasil dari kegiatan pelatihan tersebut harus diimplementasikan di lapangan, misalnya dengan membuka fokus group diskusi (FGD), melakukan indeep interview terhadap ibu hamil dan ibu yang melahirkan melalui pertolongan dukun, serta observasi terhadap pelayanan medis.

Rusmaida juga mengatakan kegiatan indeep interview dan observasi pelayanan bidan mempunyai beberapa tujuan. Pertama, untuk mendapatkan masukan dari masyarakat atau pasien tentang pelayanan bidan terhadap ibu hamil. Kedua, mengarahkan ibu melakukan kampanye Revolusi Kesehatan Ibu dan Anak dengan tema,”Bidan Sahabat Ibu dan Anak,Ibu Bijak dan Suami Siaga. Program tersebut bertujuan membenahi kekurangan dalam pelayanan medis, serta memberikan pemahaman kepada ibu hamil tentang perilaku hidup sehat dan peran suami dalam mendampingi istri ,menilai diri sendiri,dan kedepannya kami bisa benahi kekurangan kami.

Irni Yayah, peserta kegiatan indeep interview ibu hamil, mengatakan kegiatan seperti ini sangat penting, guna menambah wawasannya tentang perilaku hidup sehat ibu hamil. Ia berharap kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan. 
( Ket.foto:Kadis Kesehatan Kabupaten Ende Don Bosco Do)

Sumber : Flores Pos
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Safari Posyandu Wewaria

http://picasion.com/i/1Ulpw/

RRI ENDE STREAMING ON AIR

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Copyright © 2013. Promkes Dinkes - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger